Cara mempercepat loading blog

Berbicara masalah kecepatan loading sebuah blog yang kita buka, itu menurut saya merupakan salah satu faktor penting yang menunjang traffic pengunjung. Percuma saya blog kita sudah memiliki Pagerank yang tinggi, tapi saat blogwalking, prosesnya sangat lama dan membuat pengunjung jadi bosan dan kesal, akhirnya tab tersebut di close atau search another blog.
Sungguh sangat disayangkan bukan, kita cape-cape membuat blog yang seindah mungkin, tapi saat dibuka blog kita memakan waktu lama untuk me-load, dan akhirnya banyak pembaca/pengunjung yang meninggalkan blog kita sebelum mereka punya kesempatan untuk membacanya.
Berikut ada beberapa tips dan trik untuk mempercepat Loading Blog Anda, dan akhirnya akan menarik lebih banyak pengunjung :
  1. Posts
    Waktu loading yang diperlukan oleh Blog Anda, dipengaruhi oleh besarnya posting atau widget berupa gambar (apalagi dalam bentuk flash) yang kita buat dan ditampilkan pada halaman utama. Sebetulnya, anda dapat dengan mudah mengatur jumlah posting yang ditampilkan di halaman utama dari Pengaturan Format tab jika anda menggunakan jasa Blogger.com. Kemudian anda dapat memilih besarnya jumlah posting yang akan ditampilkan pada halaman utama. Saya menyarankan untuk menampilkan 10 atau lebih sedikit posting di halaman utama atau menggunakan script seperti dalam blog saya ini (read more).
    Bila anda menggunakan Pihak Ketiga berupa JavaScript dan Link Blog yang memuat kecepatan optimal, saya sarankan menggunakan Javascript,widget dan link dari Google / Blogger. Namun menurut saya, blog Anda akan meload lebih cepat jika menaruh semua JavaScript di bagian bawah blog Anda, atau jiga ingin menempatkannya di Sidebar, tempatkanlah itu di bagian bawah sidebar.
  2. Foto dan Media
    Semakin banyak video, gambar atau multi-media lainnya yang ada di blog Anda akan membuat proses loading semakin lama. Tapi memang gambar atau multimedia lainnya cukup penting juga untuk menarik pengunjung dalam membaca blog Anda, jadi penting bagi anda untuk mengoptimalkan kecepatan dalam memuat gambar ataupun media lainnya.
Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan kecepatan anda dalam memuat media :
  • Alangkah baiknya bila ukuran/size gambar Anda dikurangi atau gambar kecil yang menggunakan link ke image ukuran penuh.
  • Jika anda menggunakan gambar dari pihak ketiga, coba meng-upload-nya lewat Picasa Web Album melalui editor posting Blogger.
  • Jika Anda memiliki sejumlah besar gambar untuk ditampilkan, Anda dapat meng-upload dahulu semua foto Anda ke Picasa Web Album lalu link-kan ke album anda, baru di posting.
  • Jika Anda telah menambahkan CSS custom untuk blog Anda, pastikan Anda letakkan di bagian atas halaman.
    Untuk konten yang paling penting dari blog Anda, khususnya yang memberi perhatian buat pembaca, itu harus cepat loadingnya.
Demikianlah sekilas Belajar Blog mengenai teknik mempercepat loading Blog, semoga ini bisa membantu kalian semua, dan ingat semboyan yang selalu saya ingatkan mengenai "Stop Dreaming Start Action", dimana kita harus terus berusaha dan belajar dan menghasilkan yang terbaik.
Selamat Mencoba, dan bila ada kesulitan, jangan sungkan untuk bertanya lewat kolom komentar, dan saya akan coba untuk membantu

0 Response to "Cara mempercepat loading blog"

Post a Comment