Cara Memperbaiki Charger Laptop

Sedikit saya akan share permasalahan sederhana tentang charge laptop yg bermasalah, catatan blog ini berawal dari banyaknya charger temen kantor yg mati . dan rata-rata permasalahan sama.
Kadang kala permasalahan laptop yang tidak mau di charge karena memang charger yang bermasalah. Sebelum nya chek dulu keluaran voltase dari charger, ada atau tidak, sesuai dengan kapasitas charging atau tidak. Oke saya coba jelaskan steb by step dari mulai pengecekan sampai beberapa cara untuk service charger.
Cek apakan power dari listrik AC masuk ke bagian charger atau tidak. Biasanya ada beberapa charger laptop yang pasangkan indikator lampu di unit chargernya .
  1. Jika lampu indikator tetap mati, cek kabel power yang masuk ke colokan listrik ada yang putus atau tidak. Jika Charger anda tidak ada lampu indikatornya pastikan Asupan listrik AC masuk ke bagian charger dengan mengganti kabel power dengan yang bagus.
  2. Jika Lampu indikator hidup, cek keluaran (output)  dari charger dengan multitester. apakah output yang keluar sudah sama dengan yang ada di label charger.
  3. Jika Output yang keluar tidak ada alias nilainya tetap Nol (0) maka kemungkinan kabel / rangkaian adaptornya yang bermasalah.
  4. Jika kabel output yang bermasalah, ada tips untuk mengganti kabel output keluaran dari charger laptop. Saya coba bahas masalah ini karena biasanya kerusakan charger hanya disebabkan oleh kabel output yang putus. biasanya rusak kabel output karena memang kabelnya yang kecil, kesalahan cara gulung atau keinjak kaki meja… hehehe. inilah yang biasanya menyebabkan kabel outputnya rusak.

Tips  :
Bongkar charger laptop. biasanya charger laptop direkatkan dengan lem yang sangat kuat, supaya mudah waktu bongkarnya teteskan cuka di bagian pinggir yang di lem…diamkan kurang lebih 15 sampai dengan 30 menit. Buka pinggiran charger dengan obeng minus dengan cara dipukul bagian atas obeng. Setelah terbuka lepas kabel dengan solder.
Jika tidak punya cuka gunakan cutter iris perlahan-lahan garis tengah pada charger memutar contoh gambar.
cari kabel induk jalur output, cek dengan avometer arahkan ke DC meter.Jika Masih terdapat arus 19 V maka komponen power suply tidak mengalami masalah, permasalahan ada di kabel output jalur DC ke colokan laptop..metode yg saya pakai metode gambling, jadi kabel output saya potong sedikit demi sedikit lalu saya cek masih tersambung baik atau tidaknya.
Contoh hasil kabel output yang saya potong.. dari dua meter jadi satu meter,... teng2x kabel masih oke.. charger siap dipakai kembali, segera solder kembali jalur output dengan kabel yang sudah dipotong.cek kembali pakai avo meter...
Lem kembali menggunakan lem alteco....sedikit aja ya..biar g belepotan kemana-mana.. 
Power suply siap dipakai kembali :).
Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Memperbaiki Charger Laptop"

Post a Comment