Tata Cara Penulisan Karya Ilmiah 2017

Kali ini kita mempelajari bagaimana cara menulis jurnal ilmiah yang benar. Langsung saja :


JUDUL SINGKAT MAKS. 3 BARIS DITULIS DENGAN
FONT TIMES NEW ROMAN UKURAN 14

Penulis1, Penulis2,……..

1,2 Nama Institusi
Alamat Lengkap Istitusi
 E-mail : penulis1@domain1, penulis2@domain2,.....




Abstrak menjelaskan intisari dari penelitian yang dilakukan. Abstrak dapat emnggunakan bahasa Indonesia atau pun bahasa inggris. Jika menggunakan bahasa inggris penulisan abtrak ditulis italic. Banyaknya kata dalam abstrak antara 150 – 200 kata, jika terdapat istilah-istilah asing yang belum dibakukan ditulis italic. Font yang digunakan untuk menyusun abstrak adalah times new roman dengan ukuran 10.
Kata kunci : berisi maksimal 5 kata penting dalam penelitian.

1.    PENDAHULUAN
Diisi dengan latar belakang dan tujuan dari penelitian yang dibuat. Untuk kesergaman gunakan istilah PENDAHULUAN untuk bagian pertama ini. Font yang digunakan untuk menyusun pendahuluan adalah times new roman dengan ukuran 10.
Guna memudahkan Anda dalam menggunakan template ini, akan lebih baik melakukan copy-paste (dengan opsi keep text only pada Microsoft Word 2010) dari dokumen asli paper Anda ke dalam templateini. Pastikan Anda tidak  mengubah style yang ada pada template ini, meliputi jenis dan ukuran font, besar spasi, jarak indent, dan lain sebagainya.
Banyaknya halaman untuk jurnal KOMPUTA adalah 8-10 Halaman (mohon usahakan jumlah halama GENAP) mulai dari judul hingga ke refrensi.

Bagian ini dapat dibagi dalam beberapa sub pokok pembahasan sesuai dengan kebutuhan tulisan. Tidak ada batasan yang baku mengenai jumlah pemerincian sub pokok bahasannya; tetapi setidaknya mengandung: metode, hasil, dan pembahasan.
Bab ditulis dengan font times new roman ukuran 12, sementara untuk sub bab menggunakan ukuran 10 dan keduanya dicetak tebal.

2.1 Sub Bab

Sub bab ditulis dengan font times new roman ukuran 10. Gmabar dan tabel dapat dimasukkan dibagin ini dengan format seperti pada Gambar 1.

Gambar 1. Contoh penulisan Gambar

Sementara untuk penulisan tabel dapat mengikuti contoh pada Tabel 1.

Tabel 1. Contoh Tabel
Parameter
Nilai
Maksimal Perulangan
10, 50, 100
Rasio Pembelajaran
0.1 , 0.5, 1
Minimal Eror
0.10.010.001

Baik gambar maupun tabel urutan penulisan dimulai dari 1, tidak berdasarkan  babnya. Sementara penulisan rumus atau persamaan dapat mengikuti aturan sebagai berikut :

                               (1)


3.    PENUTUP
Pada bagian ini, nomer bab penutup akan menyesuaikan seberapa jumlah bab pada bagian isi penelitian. Penutup berisikan kesimpulan penelitian, serta saran pengembangan untuk penelitian selanjutnya. Judul bab terakhir ini juga dibuat seragam: PENUTUP.

UCAPAN TERIMA KASIH
Bagian ini boleh digunakan, boleh juga dihilangkan (opsional). Ucapan terima kasih hanya ditujukan pada pihak-pihak yang membantu secara langsung penelitian yang dilakukan, misal: penyandang dana atau pakar dilibatkan. Ucapan terima kasih tidak ditujukan untuk pejabat struktural, misalkan Ketua Jurusan, Dekan, ataupun Rektor.

DAFTAR PUSTAKA
[1] M. Gokhale and P.S. Graham, Reconfigurable Computing, Springer, 2005.
[2] T. Callahan, J. Hauser, and J. Wawrzynek, “The Garp Architecture and C Compiler,” Computer, vol. 33, no. 4, pp. 62-69, 2000.
[3] Jauhari, nurdin, Edge Linking Detection dan Perbandingan dari 3 Metodenyahttp://ahtovicblogs.blog.ugm.ac.id/?p=80, 17 Maret 2011 20.25
[4] Jose, Stephane, Why Should I Care About SQL Serverhttp://blog.iweb.com/en/2010/06/why-should-i-care-about-sql-server/4772.html, 17 Maret 2011 19.30


Semogga bermanfaat.

Repost dari : Klik Disini

0 Response to "Tata Cara Penulisan Karya Ilmiah 2017"

Post a Comment