Masako Wakamiya/NextShark
Nenek Berusia 81 Tahun Yakni Bernama Masako Wakamiya Asal Jepang Telah Membuat Game Untuk iPhone - TOKYO, (PR).- Masako Wakamiya, nenek berusia 81 tahun berhasil meluncurkan aplikasi smartphone buatannya sendiri. Dilansir dari CNN, tujuannya membuat aplikasi game ini adalah untuk menunjukkan bahwa smartphone tidak hanya diperuntukkan untuk anak muda.
“Kita selalu gampang kalah jika bertanding melawan anak muda. Jari tangan kita tidak selincah mereka,” ucap Wakamiya kepada CNN.
Mantan dari banker ini telah meminta beberapa orang untuk membuat games untuk lansia. Namun sayangnya tidak ada yang tertarik. Lalu ia belajar pemrograman selama 6 bulan lalu dan berhasil membuat aplikasi game itu dengan tangannya sendiri.
Aplikasinya bernama Hinadan, sebuah iOS game yang terinspirasi dari festival tradisional asal Jepang, Hinamatsuri atau Doll’s Day yang diselenggarakan di bulan Maret.
“Aku membuat aplikasi menyenangkan untuk para lansia agar mereka tertarik kepada smartphone,” katanya. “Membutuuhkan waktu hingga setengah tahun untuk pengembangannya,” tambahnya seperti dikutip Money.com.
Selama Hinamatsuri, boneka ornamental merepresentasikan kaisar dan rombongannya berpakaian tradisional dalam satu susunan tertentu. Dalam aplikasi game Wakamiya, pemain harus mendekorasi boneka dan menempatkan mereka dalam posisi yang tepat untuk Hinamatsuri.
Wakamiya memulai menggunakan komputer pada usia 60 tahun. Ia lalu bergabung dengan “Silver Club”, sebuah klub yang mengajarkan lansia bagaimana cara menggunakan internet. Tapi kini ia memberikan kelas komputer dan blog dalam bahasa Jepang.
“Kamu tidak harus menjadi seorang profesional. Jika kamu kreatif, kamu dapat membuatnya,” ujar Wakamiya.
Hinadan merupakan aplikasi pertama, namun semoga saja tidak menjadi yang terakhir. “Aku memiliki banyak ide dan ingin membuat aplikasi yang baru, tapi skill pemrogramanku masih buruk,” katanya. “Aku membutuhkan waktu untuk mengembangkannya,” tutup Wakamiya. (Rina Siti Rahayu)***

Dikutip dari : pikiran-rakyat.com
Diedit oleh : ikomputert