Contoh Bab 1 Laporan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) Dinas Perhubungan

Contoh Bab 1 Laporan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) Dinas Perhubungan - Salam hangat bagi pelanggan setia ikomputert, kali ini saya akan membagikan contoh bab 1 laporan praktek kerja lapangan atau PKL. Contoh laporan pkl atau proposal pkl yang akan saya muat disini yaitu contoh laporan PKL pada Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin khususnya Seksi Pengawasan dan Pengendalian Kota Banjarmasin.
Untuk agan yang pkl di tempat yang lain tinggal diedit atau dipermak dikit aja lagi hehehehe.
Oke langsung aja Contoh Bab 1 Laporan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) Dinas Perhubungan sebagai berikut :






BAB I
 PENDAHULUAN

1.1        Latar Belakang
             Dinas Perhubungan merupakan unsur pelaksana Pemerintah Daerah di bidang Transportasi yang dipimpin oleh Kepala Dinas dan berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah. Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin Seksi Pengawasan dan Pengendalian merupakan seksi yang bertanggung jawab menjadi pelaksana yang langsung turun ke lapangan dan berhadapan dengan masyarakat untuk meningkatkan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan transportasi.
            Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin Seksi Pengawasan dan Pengendalian pada tahap pengolahan datanya belum memiliki sistem komputerisasi yang memadai dan masih kurang efektif dalam penyusunan rencana kerja yang telah dilaksanakan dan dilaporkan kembali oleh setiap dinas terkait dan juga pengolahan data secara manual yang sama sekali tidak menyentuh dengan suatu sistem pemrograman yang akan memperlambat dan acaknya pengolahan data yang seharusnya hasil dari pengolahan data tersebut harus diproses secara cepat dan akurat terhadap Dinas Perhubungan Seksi Pengawasan dan Pengendalian Kota Banjarmasin.
            Dari hasil Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang dilakukan di Dinas Perhubungan Seksi Pengawasan dan Pengendalian Kota Banjarmasin, yang dalam pengolahan datanya masih kurang efektif. Maka agar pengolahan data dapat dikelola lebih baik, lebih rapi dan dapat dengan mudah dilihat secara seksama hasil pengolahan datanya disinilah muncul pemikiran untuk membuat aplikasi dengan desainnya terlebih dahulu.
            Berdasarkan latar belakang tersebut, maka laporan praktek kerja lapangan ini diberi judul Desain Aplikasi Pengolahan Data Penjagaan Pos dan Patroli Pada Dinas Perhubungan Seksi Pengawasan dan Pengendalian Kota Banjarmasin Menggunakan Visual Basic 6.0”.

1.2       Perumusan Masalah
            Berdasarkan latar belakang diatas, maka masalah yang akan dibahas yaitu
bagaimana membuat desain aplikasi pengolahan data penjagaan pos dan patroli 
pada Dinas Perhubungan Seksi Pengawasan dan Pengendalian Kota Banjarmasin
menggunakan Visual Basic 6.0.

1.3       Batasan Masalah
            Agar permasalahan tidak terlalu mengambang dan terlalu luas, maka penulis membatasi masalah pada :
  1. Bagaimana cara membuat desain aplikasi pengolahan data penjagaan pos dan patroli pada Dinas Perhubungan Seksi Pengawasan dan Pengendalian Kota Banjarmasin menggunakan Visual Basic 6.0.
  2. Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses pengolahan data penjagaan pos dan patroli pada Dinas Perhubungan Seksi Pengawasan dan Pengendalian Kota Banjarmasin.
  3. Pada sistem pengolahan data penjagaan memuat proses input nama pegawai dan pos Dinas Perhubungan Seksi Pengawasan dan Pengendalian Kota Banjarmasin dan  agar dapat memperoleh data penjagaan pos dan patroli.

1.4       Tujuan Praktek Kerja Lapangan
Adapun tujuan dalam melaksanakan praktek kerja lapangan ini adalah sebagai berikut :
  1. Sebagai salah satu syarat untuk meraih gelar sarjana komputer di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Indonesia Banjarmasin.
  2. Membekali mahasiswa(i) dengan pengalaman kerja sebenarnya dalam dunia kerja dan masyarakat.
  3. Untuk membandingkan dan menerapkan pengetahuan akademis yang didapat dan penerapannya di dunia kerja.
  4. Untuk lebih dapat memahami konsep-konsep non-akademis dan non-teknis di dunia kerja.
  5. Sebagai bahan evaluasi di bidang akademik untuk meningkatkan dan mengembangkan mutu pendidikan.
  6. Agar lebih kreatif dan dapat mengembangkan keterampilan serta kemampuan yang dimiliki dengan menuangkan apa yang saya dapatkan selama Kerja Praktek dalam bentuk laporan.


1.5       Manfaat Praktek Kerja Lapangan
  1. Menetapkan rasa tanggungjawab, disiplin, dan sikap profesional dalam bertugas.
  2. Mendapatkan materi yang dapat membantu mahasiswa dalam penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan.
  3. Mengimplementasikan ilmu yang didapat selama masa kuliah ke dalam dunia kerja.
  4. Sebagai pesiapan mental dan kemampuan untuk terjun dalam dunia kerja yang nyata.
  5. Dapat membantu dalam pekerjaan yang dikerjakan menjadi lebih baik dan lebih rapi kerjanya di dalam pengolahan data karena dapat dikerjakan secara cepat dan akurat.

1.6       Sistematika Penulisan
            Sistematika penulisan laporan praktek kerja lapangan ini terdiri dari 5 bab, agar lebih dipahami dari bab-bab tersebut, maka pada penulisan sistematika pembahasan ini dapat dijelaskan sebagai berikut :

BAB I : PENDAHULUAN
Pada bab ini diuraikan tentang latar belakang, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan dan manfaat Praktek Kerja Lapangan, dan sistematika penulisan.

BAB II: TINJAUAN SINGKAT  INSTANSI
Pada bab ini diuraikan sejarah singkat instansi, lokasi kerja praktek, struktur organisasi, tugas pegawai di Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin.

BAB III: BAHAN DAN METODE
Pada bab ini mengurai tentang lokasi praktek kerja lapangan, waktu pelaksanaan praktek kerja lapangan, bahan dan alat yang digunakan,metode penelitian, serta penjelasan sejarah visual basic 6.0.

BAB IV: HASIL DAN PEMBAHASAN
Pada bab ini berisi tentang hasil dan pembahasan dalam praktek kerja lapangan menggunakan visual basic 6.0.

BAB V: PENUTUP

Pada bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran dari seluruh pembahasan yang  telah dilakukan.





Itu tadi contoh bab 1 laporan praktek kerja lapangan, yang ingin copy paste ke blog/web jangan lupa sertakan sumbernya. Dan untuk yang telah menggunakan Contoh Bab 1 ini menjadi referensi laporan Praktek Kerja Lapangan, jangan sampai lupa menyertakan postingan link ini ke daftar pustaka Laporan PKL agan.

Copyright ikomputert

6 Responses to "Contoh Bab 1 Laporan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) Dinas Perhubungan"